10 Dosa Besar Menurut Islam

Dosa merupakan tindakan yang melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah SWT. Selaku manusia biasa, kita semua tidak luput dari yang namanya dosa. Sekalipun dengan tobat nasuha Allah  akan memaafkan setiap  dosa yang telah diperbuat oleh hambaNya jika bertaubat, namun selaku orang yang beriman, kita juga mesti menjauhi setiap dosa, terutama dosa besar.  Siapa tahu sebelum kita sempat bertobat, ruh kita sudah meninggalkan raga duluan. Sungguh merugilah jika terjadi hal demikian.

Untuk kesempatan kali ini, kami akan membahas 10 Macam Dosa Besar Menurut Islam yang mesti kita hindari dan juga kita tinggalkan.
10 Dosa Besar Menurut Islam
1. Syirik atau Menyekutukan Allah

Syirik dari segi bahasa mempunyai arti serikat atau sekutu. Dan dari segi istilah tauhid, syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah dengan sesuatu yang selain-Nya. Orang yang melakukan penyekutuan itu  disebut dengan musyrik

Dan Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah, maka pasti Allah SWT akan mengharamkan kepadanya surga”. (Al Maidah: 72)

2. Berputus asa dari rahmat Allah SWT

Berputus asa dari rahmat Allah adalah sifat orang sesat dan pesimis dari karunia-Nya. Ini merupakan sifat orang kafir. Seorang yang mukmin tidak layak memiliki sifat ini, karena rahmat Rabbul ‘Aalamiin sangat luas dan tak kan pernah habis. Siapa yang jatuh dalam perbuatan ini berarti ia sudah mempunyai sifat yang sama dengan mereka.

 Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”.(Yusuf: 87).

 3. Merasa diri  aman dari Azab Allah SWT

Dalam hal ini Allah SWT berfirman: “Tiadalah orang yang merasa aman dari azab Allah SWT kecuali mereka yang merugi.” (Al A’raaf: 99)

 4. Berbuat durhaka kepada kedua orang tua

Orang yang paling banyak jasanya dan juga  dekat dengan kita adalah ibu bapak kita. Mereka yang durhaka kepada kedua ibu bapak sudah pasti termasuk orang yang melakukan dosa besar. Hal yang menyebabkan durhaka antara lain adalah membentak, menghardik mereka, berkata yang tidak sopan dan yang lain-lain yang membuat hati mereka tidak senang dan ridha terhadap kita.

Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.” (Maryam: 32)

 5. Membunuh

Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

“Dan barang siapa saja yang membunuh seorang mu’min dengan cara yang sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahannam, mereka kekal ia di dalamnya”. (An Nisaa: 93).

 6. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina

Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang yang menuduh wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), maka mereka akan dijatuhkan hukuman la’nat di dunia dan juga akhirat, dan bagi mereka itu azab yang sangat besar”. (An Nuur: 23)

 7. Memakan riba

Dalam hal ini Allah  berfirman:

“Orang yang makan riba tidak bisa berdiri melainkan seperti berdirinya orang-orang yang kerasukan syaitan karena (tekanan) penyakit gila”. (Al Baqarah: 275)

 8. Lari dari medan pertempuran

Maksudnya yaitu saat kaum Muslimin yang diserang oleh musuh, dan kaum Muslimin mempertahankan diri dari setiap serangan musuh, kemudian terdapat seseorang Muslim yang mencoba melarikan diri dari medan pertempuran. maka muslim yang demikian telah melakukan dosa yang besar.

 9. Memakan harta anak yatim

Memakan harta anak yatim adalah haram hukumnya, dan termasuk juga kedalam dosa besar. Cukup banyak ayat Alquran yang menjelaskan untuk membantu  mendidik anak yatim, dan mengasuh mereka dan jangan pernah mengambil harta mereka secara dhalim dan harus memperlakukan mereka dengan baik.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya orang yang memakan harta dari anak yatim dengan dhalim, sebenarnya mereka itu telah menelan api seisi perutnya dan kelak mereka akan memasuki ke dalam api menyala-nyala (neraka)”. (An Nisaa: 10)

 10. Berbuat zina

Berbuat zina adalah dosa besar yang sangat dilarang untuk melakukannya. Jangankan untuk melakukannya, mendekatinya saja sudah dilarang. Kita dilarang pacaran karena pacaran akan membawa kita kepada perbuatan zina. Maka cara untuk menghidari zina adalah dengan menjauhi perbuatan yang mendekatinya.
Demikian lah 10 Dosa Besar Menurut Islam, yang patut untuk kita semua jauhi dan sepatutnya untuk kita sebagai muslim untuk beramal yang shaleh yang mendekatkan diri kita dengan Allah SWT.

0 comments:

Post a Comment