Keutamaan Bulan Rajab Dan Kelebihan Puasa Rajab

Bulan Rajab merupakan bulan yang ke tujuh dari bulan-bulan  hijriah. Peristiwa Isra Mi’raj  Rasulullah SAW  untuk menerima perintah melaksanakan shalat lima waktu yang diyakini terjadi tanggal 27 Rajab ini.

Bulan Rajab juga adalah salah satu bulan haram yang artinya salah satu bulan yang dimuliakan. Dalam tradisi agama Islam terdapat empat  bulan haram, ketiganya berurutan  adalah: bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, juga bulan Rajab. dan sekarang kami akan memberikan syarahan tentang keutamaan bulan rajab dan kelebihan puasa bulan rajab.

Keutamaan Bulan Rajab Dan Puasa Rajab

Dinamakan dengan bulan haram karena pada bulan tersebut orang Islam sangat dilarang mengadakan peperangan, dalam Al-Qur’an menjelaskan:

“Sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah SWT adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah SWT di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itu merupakan (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah diri kamu Menganiaya diri kamu sendiri dalam bulan  empat itu, dan perangilah mereka kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana yang mereka memerangi kamu semua, dan ketahuilah bahwasa Allah SWT beserta orang-orang bertakwa.”

Berikut kelebihan bulan rajab dan keutamaan puasa bulan rajab.


Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan dan kekhususan puasa bulan Rajab:

Diriwayatkan yang bahwa jika Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab maka beliau berdo’a:“Ya, Allah berkahilah kami dalam bulan Rajab (ini) dan (juga) bulan Sya’ban, dan sampaikanlah diri kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

"Barang siapa yang berpuasa dalam bulan Rajab sehari, maka bagai ia puasa selama satu bulan, jika anda  puasa 7 hari maka akan ditutuplah untuknya tujuh pintu neraka Jahim, bila puasa dengan 8 hari maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, dan bila puasa sepuluh hari maka akan digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan kebaikan."

Dalam Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa yang  berpuasa satu hari dalam bulan Rajab, maka ia bagaikan berpuasa satu tahun, bila ia puasa tujuh hari maka akan ditutuplah untuknya pintu-pintu dari neraka jahanam, bila puasa delapan hari, maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, bila puasa sepuluh hari, Allah akan mengabulkan setiap apa saja permintaannya....."

"Sesungguhnya dalam surga ada sungai yang dinamakan dengan Rajab, airnya itu  lebih putih daripada susu dan juga rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa yang berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka ia akan memperoleh minuman dari sungai tersebut".

Riwayat (secara mursal) oleh Abul Fath dari al-Hasan, Nabi kita, Muhammad SAW bersabda: "Rajab itu adalah bulannya Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadan adalah bulannya umatku."

Sabda Rasulullah SAW  : “Pada malam mi’raj, saya melihat sungai yang air itu lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan juga lebih harum dari minyak wangi, kemudian saya bertanya pada malaikat Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapa  sungai ini ?”Maka  Jibrilb a.s menjawab.: “Wahai  Muhammad sungai ini adalah untuk mereka yang membaca salawat untuk diri engkau di bulan Rajab ini”.

0 comments:

Post a Comment